Agar Tak Ada Penyimpangan Dana Desa, Kapolres Langsa Sosialisasi Penggunaan Anggaran

Agar Tak Ada Penyimpangan Dana Desa, Kapolres Langsa Sosialisasi Penggunaan Anggaran

- in Binmas
252
0

Tribratanewslangsa.co.id – LANGSA, Kapolres Langsa AKBP Satya Yudha Prakasa, Sik di dampingi Walikota Langsa Usman Abdullah,SE, melaksanakan sosialisasi cara penggunaan anggaran agar tidak terjadi penyimpangan / penyelewengan diikuti oleh Bhabinkamtibmas, dan seluruh Kepala Desa se kota Langsa, di Aula Mapolres Langsa, Kamis,(26-10-2017).

Pengerahan bhabinkamtibmas sebagai pengawas , pencegah tindak pidana korupsi dalam perspektif penggunaan dana desa (DD) ini, dikoordinir oleh Kepala Satuan pembinaan Masyarakat (Kasat Binmas ). Dimaksudkan untuk mengantisipasi adanya kecurangan / penyimpangan penggunaan anggaran oleh Kepala Desa setempat.


“ terkait dengan kegiatan pengelolaan dana desa itu mengaspirasi partisipasi kebutuhan masyarakat, sehingga tergeraklah dinamika ekonomi yang ada di desa. Nah pola pengawasan yang dilakukan adalah pengawasan bukan hanya pada aspek pelaksanaan saja, namun juga pada aspek perencanaan, penganggaran dan pelaksanaannya.

Artinya di aspek perencanaan, bhabinkamtibmas bisa sama sama menginformasikan kegiatan yang akan di rencanakan, sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kemudian untuk transparansi anggaran, bhabinkamtibmas bisa melihat berapa jumlah anggaran yang dikeluarkan, direalisasikan kemudian di sesuaikan dengan pertanggung jawabannya yang sama sama di susun secara transparan di ketahui bersama sama, kata Kapolres.

“Kapolres Langsa juga berharap, khususnya bhabinkamtibmas agar selalu berembug dengan masyarakat mengenai bentuk program apa yang betul-betul bisa mengubah wajah desa termasuk membangkitkan ekonominya, agar dana desa ini tepat sasaran dan tidak mengarah kepada penyimpangan, jangan main main dengan pengunaan dana desa.

Pengerahan bhabinkamtibmas ini sendiri diprakarsai Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam bentuk MOU bersama Mendagri dan Menteri Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) soal pengawasan anggaran desa, yang mengikut sertakan Polri dalam upaya pendampingan dan pengawasan pengelolaan dana desa yang lebih tepatnya bahwa keterlibatan para bhabinkamtibmas ini dimaksudkan untuk upaya preventif terjadinya penyimpangan/ penyelewengan dana desa.

Penulis : Hendra

Editor : FH Satria

Publish : Agus

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Wakapolsek Manyak Payed Meminpin Patroli Jalan Kaki di Pasar Tualang Cut

Tribratanewslangsa.co.id-LANGSA, Wakapolsek Manyak Payed Ipda Darwin Azahari dan